RESUME MATERI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Konsep, Peranan, pengembangan dan  Ruang lingkup SIM

  Ruang lingkup SIM sebenarnya tertuang pada tiga kata pembentuknya, yaitu sistem, informasi, dan manajemen.Sistem merupakan kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan. Di dalam perusahaan, yang dimaksud elemen dari sistem adalah departemen-departemen internal, seperti persediaan barang mentah, produksi, persediaan barang jadi, promosi, penjualan, keuangan, personalia; serta pihak eksternal seperti supplier dan konsumen yang saling terkait satu sama lain dan membentuk satu kesatuan usaha.

        Informasi adalah hasil pemrosesan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem tersebut menjadi bentuk yang mudah dipahami dan merupakan pengetahuan yang relevan yang dibutuhkan oleh orang untuk menambah pemahamannya terhadap fakta-fakta yang ada. Informasi bagi setiap elemen akan berbeda satu sama lain sesuai dengan kebutuhannya masing-masing Manajemen terdiri dari proses atau kegiatan yang dilakukan oleh pengelola perusahaan seperti merencanakan (menetapkan strategi, tujuan dan arah tindakan), mengorganisasikan, memprakarsai, mengkoordinir dan mengendalikan operasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. SIM adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen dalam suatu organisasi.

FUNGSI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

        Fungsi/ manfaat dari sistem informasi manajemen supaya informasi yang dihasilkan itu melalui sistem informasi dapat berguna untuk manajemen, analisis sistem harus mengetahui kebutuhan-kebutuhan dari setiap tingkat level. tujuan dibentuknya Sistem Informasi Manajemen atau SIM adalah supaya organisasi memiliki informasi yang bermanfaat dalam pembuatan keputusan manajemen, baik yang meyangkut keputusan-keputusan rutin maupun keputusan-keputusan yang strategis. Sehingga pentingnya SIM yaitu suatu upaya sistem dapat menyediakan kepada pengelola organisasi data maupun informasi yang saling berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas organisasi.

Beberapa manfaat/ kegunaan dari adanya sistem informasi, yaitu:
1. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai,                tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
2. Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara                kritis.
3. Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
4. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
5. Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
6. Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan                teknologi baru.
7. Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
8. Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya         dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
9. Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai                laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi.
10. Perusahaan menggunakan sistem informasi untuk mempertahankan persediaan pada tingkat paling         rendah agar konsisten dengan jenis barang yang tersedia.

Ciri-ciri khusus dari SIM:
Proses manajemen, seperti perencanaan strategis, pengelolaan fungsi sistem informasi dll.
Proses pengembangan, seperti manajemen proyek, pengembangan sistem.
Konsep pengembangan , seperti konsep sosio- teknikal, konsep kualitas.
Representasi , seperti sistem basis data, pengkodean program.
Sistem Aplikasi , seperti knowledge management, executive system.

KOMPONEN SIM

        Komponen sistem informasi adalah seluruh komponen yang berhubungan dengan teknik pengumpulan data, pengolahan, pengiriman, penyimpanan, dan penyajian informasi yang dibutuhkan untuk manajemen, meliputi :

Komponen Sistem Informasi Manajemen Secara Fungsional:
Sistem Administrasi dan Operasional
Sistem Pelaporan Manajemen
Sistem Database
Sistem Pencarian
Manajemen Data
Komponen Sistem Informasi Manajemen Secara Fisik:
Perangkat keras :Komputer (CPU, Memory), Pesawat Telepon, Peralatan penyimpan data                        (Decoder).
Perangkat lunak : Perangkat lunak yang umum untuk pengoperasian dan manajemen data, Program         aplikasi
DataBase : File-file tempat penyimpanan data dan informasi, Media penyimpanan seperti pita                komputer, paket piringan
Prosedur pengoperasian : Instruksi untuk pemakai, cara yang diperlukan bagi pemakai untuk                mendapatkan informasi yang akan digunakan, Instruksi penyiapan data sebagai input,Instruksi                operasional.
Personalia pengoperasian: Operator, Programmer, Analisa sistem, Personalia penyiapan                        data,Koordinator operasional SIM dan pengembangannya.

Model, Pendekatan, dan Metodologi sistem
MODEL

        Model adalah  sebuah rencana atau deskripsi yang dimana itu menjelaskan tentang suatu objek, sistem atau konsep yang sering kali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Ada beberapa jenis-jenis model yang kita ketahui :

1. Model fisik :  model tersebut menggambarkan bentuk entitas dalam tiga dimensi.
2. Model Naratif : model tersebut bisa menggambarkan dalam bentuk lisan atau 
3. Model Grafik : menggambarkan entitas dengan sejumlah garis atau simbol.
4. Model matematika : menjelaskan hubungan antara bagiandari suatu objek.

PENDEKATAN

        Pendekatan adalah serangkaian tahapan-tahapan pemecahan masalah secara sistematis.
Ada beberapa tahapan pemecahan masalah dengan menggunakan pendekatan sistem  :

1. Usaha persiapan
a) Memandang perusahaan sebagai suatu sistem
b) Mengenal sistem lingkungan.
c) Mengidentifikasi subsistem perusahaan.
2. Usaha definisi
a) Bergerak dari tingkat sistem ke subsistem. Tujuannya : - mengidentifikasi tingkat sistem tempat            persoalan berada.
b) Menganalisis bagian-bagian sistem dalam suatu urutan tersebut.
3. Usaha pemecahan
a) Pertimbangan alternatif yang layak.
b) Mengevaluasi berbagai solusi alternatif
c) Memilih solusi terbaik.
d) Menerapkan solusi
e) Memastikan bahwa solusi tersebut efektif.

Pendekatan sistem dalam pemecahan masalah dan membuat keputusan (SISTEM INFORMASI MANAJEMEN).

1) Pemecahan masalah
2) Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah
3) Pendekatan sistem
4) Membentuk penilaian.
5) Merasakan masalah
6) Mengumpulkan informasi
7) Menggunakan informasi.

METODOLOGI
  Metodologi adalah kesatuan, konsep, aturan yang digunakan oleh suatu ilmu pengetahuan, seni atau disiplin lainnya. metodologi pengembangan sistem berarti konsep konsep pekerjaan, aturan-aturan ( kerangka pemikiran) yang akan digunakan untuk mengembangkan suatu sistem informasi.

Klasifikasi dari metodologi :
1. Functional decomposition methodologies ( metodologi pemecahan fungsional) metode ini                    menekan pada pemecahandari sistem ke subsistem
2. Data oriented methodologies ( metodologi orientasi data) metodologi ini menekan pada                        karakteristik dari data yang akan diproses.
3. Prescriptive methodologies.

Penggunaan Teknologi Informasi Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif
 
        Sistem fisik perusahaan adalah sistem lingkaran tertutup, dalam arti dikendalikan oleh manajemen, menggunakan informasi umpan balik untuk meyakinkan bahwa tujuan-tujuannya tercapai. Perusahaan juga merupakan sistem terbuka, dalam arti berhubungan dengan lingkungannya dan ini aspek-aspeknya.

Delapan elemen lingkungan
1) Pemasok
2) Pelanggan
3) Serikat buruh
4) Masyarakat Keuangan
5) Pesaing
6) Pemegang saham/ pemilik
7) Pemerintan
8) Masyarakat global.

        Keunggulan kompetitif ini bisa dicapai melalui banyak cara, seperti menyediakan barang dan jasa dengan harga yang murah, menyediakan barang dan jasa yang lebih baik dari pesaing, dan memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu. Pada bidang komputer, keunggulan kompetitif mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan lavarage di pasar. Manajer perusahaan menggunakan sumber daya fisik dan konseptual untuk mencapai tujuan strategis perusahaan.
Sumberdaya informasi beberapa istilah yang lazim dikenal.

  CEO (Chief Executif Officer) adalah orang yang memiliki pengaruh paling kuat dalam opersi perusahaan, dan umumnya memiliki jabatan direktur utama atau ketua dewan direksi. CFO (Chief Financial Officer) dan COO (Chief Operating Officer). Untuk manajer jasa informasi CIO ( Chief Information Officer) yaitu dia menyumbangkan keahlian manajerialnya bukan saja untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan sumberdaya informasi, tetapi juga area operasi perusahaan.

Perencanaan Strategis
  Perancanaan jangka panjang dikenal sebagai perencanaan strategis karena mengidentifikasikan tujuan-tujuan yang akan member perusahaan posisi yang paling menguntungkan dalam lingkungannya, serta menetukan strategi-strategi untuk mencapai tujuan.

Perencanaan Strategi Fungsional
  suatu pendekatan bagi perencanaan fungsional adlah bahwa tiap bidang menetaukan rencananya sendiri terlepas dari yang lain.

Transformasi Kumpulan Strategi
  ketika jasa informasi mulai mengembangkan rencana-rencana strategis, pendekatan yang di anjurkan adalah mendasarkan rencana tersebut sepenuhnya pada tujuan strategis perusahaan, yang di istilahkan dengan kumpulan strategi organisasi.

Pendekatan SPIR (Strategic Planning for Information Resources)
saat perusahaan menerapkan SPIR, rencana strategi untuk jasa informasi dan rencana untuk perusahaan dikembangkan secara kebersamaan.

Isi rencana strategi sumberdaya informasi
End- user computing.

Manfaat dari End- user computing.
pemindahaan beban kerja
kesenjangan komunikasi
Resiko End- user computing
system yang buruk sasarannya
system yang buruk rancangan dan dokumentasi
penggunaan sumberdaya informasi yang tidak efisien
hilangnya integritas data
hilangnya keamanan.
Model IRM

kondisi-kondisi IRM yang diperlukan:
1. Lingkungan perusahaan
2. Eksekutif perusahaan
3. Bidang fungsional
4. Sumber daya informasi
5. Pemakai data dan informasi mengalir antara sumber daya informasi dan para pemakainya.

Implikasi Etis Teknologi Informasi

MORAL, ETIKA, DAN HUKUM
Moral adalah tradisi kepercayaan mengenai perilaku yang benar dan yang salah.

    Etika adalah sekumpulan kepercayaan, standar, atau teladan yang mengarahkan, yang masuk kedalam seseorang atau masyarakat. Etika biasa jadi amat bervariasi dari satu komunitas dengan komunitas yang lain. Keberagaman komputer ini biasa dilihat dalam bentuk peranti lunak bajakan yaitu peranti lunak yang diduplikasi secara ilegal dan kemudian digunakan atau dijual.

Hukum adalah peraturan perilaku formal yang diterapkan oleh otoritas yang berwenang, seperti pemerintah. Selama 10 tahun pertama penggunaan komputer di bidang bisnis dan pemerintahan, tidak terdapat hukum yang berkaitan dengan komputer, dikarenakan komputer merupakan inovasi baru, dan sistem hukum membutuhkan waktu untuk mengerjakan. Pada tahun 1966, kasus kejahatan komputer terjadi, yaitu seseorang programer sebuah bank mengubah suatu program komputer sehingga program tersebut tidak akan memindai rekeningnya ketika terlalu banyak menarik uang.

Undang-undang komputer di indonesia pengenalan teknologi komputer menjadi kurikulum wajib di sekolah yang dimulai dari SD sampai SMA. Pelajar, mahasiswa dan karyawan dituntut untuk bisa mengoperasikan program-program komputer dasar seperti Microsoft Office. Tingginya penggunaan komputer di indonesia memicu pelanggaran dalam penggunaan internet. Berdasarkan undang-undang hak cipta no. 19 tahun 2002. Upaya ini dilakukan oleh pemerintah RI untuk melindungi hasil karya orang lain dan menegakkan etika dalam penggunaan komputer di indonesia.

Isu seputar etika komputer
lahirnya etika komputer sebagai sebuah disiplin ilmu baru dalam bidang teknologi tidak dapat dipisahkan dari permasalahn-permasalahan seputar penggunaan komputer yang meliputi:

a. Kejahatan komputer adalah kejahatan yang ditimbulkan karena penggunaan komputer secara ilegal. Beberapa jenis kejahatan komputer meliputi Denial of Services( melumpuhkan layanan sebuah sistem komputer), penyebaran virus, spam, carding (pencurian melalui internet) dll.

b. Netiket adalah sebuah etika acuan dalam berkomunikasi menggunakan internet. Standar netiket ditetapkan oleh IETF (The internet engineering task force), sebuah komunitas internasional yang terdiri dari operator, perancang jaringan dan peneliti yang terkait dengan pengoperasian internet.

c. E-commerce perdagangan melalui internet atau yang lebih dikenal e-commerce ini menghasilkan permasalahan baru seperti perlindungan konsumen, permasalahan kontrak transaksi, masalah pajak dan kasus pemalsuan tanda tangan digital. Untuk mengatasi permasalah tersebut, para penjual dan pembeli menggunakan uncitral model law on electronic commerce 1996 sebagai acuan dalam melakukan transaksi lewat internet.

d. Pelanggaran HAKI berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh internet yang menyebabkan terjadinya pelanngaran HAKI seperti pembajakan program komputer, penjualan program ilegal dan pengunduhan ilegal.

MELETAKKAN MORAL, ETIKA DAN HUKUM PADA TEMPATNYA
1. Kebutuhan akan budaya etika: seperti seorang CEO yang memiliki pengaruh penting pada organisasinya sehingga masyarakat cenderung memandang perusahaan tersebut seperti CEOnya.

2. Bagaimana budaya etika diterapkan: tugas manajemen atas adalah meyakinkan bahwa konsep etikanya merasuk ke seluruh organisasi, dan turun ke jajaran bawah sehingga menyentuh karyawa, dia dapat mencapai implementasi ini melalui tiga tingkat yaitu:
a. Kredo perusahaan
b. Program etika
c. Kode perusahaan yang disesuaikan.

3. Meletakkan kredo, prigram dan kode pada tempatnya: kredo perusahaan memberikan dasar untuk pelaksanaan program etika perusahaan. Kode etik tersebut menggambarkan perilaku-perilaku tertentu yang diharapkan dilaksanakan oleh para karyawan perusahaan dalam berinteraksi antara satu dengan lain dan dengan elemen-elemen lingkungan perusahaan.

MENERAPKAN ETIKA DALAM TEKNOLOGI INFORMASI
Bagaimana budaya etika dicapai dalam sebuah perusahaan ? bantuan dalam bentuk kode etik dan program edukasi etika yang dapat memberikan fondasi untuk budaya tersebut. kode etik dapat digunakan seperti pap adanya atau disesuaikan dengan perusahaan tersebut.

1. Kode etik: ACM (association for computing marchinery) telah menyusun kode etik dan perilaku professional yang diharapkan diikuti oleh 80.000 anggotanya. Kode etik dan praktik professional rekayasa perantik lunak dibuat tujuan agar bertindak sebagai panduan untuk mengajarkan dan mempraktikkan rekayasa peranti lunak, yaitu penggunaan prinsip-prinsip perancang dalam pengembangan peranti lunak.

2. Kode etika dan praktik profesional rekayasa peranti lunak: para ahli peranti lunak pada sistem dan terdiri atas ekspektasi di delapan hal penting yaitu:
Masyarakat
Klien dan atasan
Produk
Penilaian manajemen profesi
kolega dan diri sendiri.

3. Pendidikan etika komputer
1) Kuliah di perguruan tinggi seperti menawarkan mata kuliah etika komputer atau mengintegrasikan ilmu tersebut kedalam mata kuliah bisni seperti pemasaran dan akuntansi.

2) Program profesional misalnya asosiasi manajemen amerika menawarkan program khusus yang membahas masalah-masalah penting saat ini, seperti etika.

3) Program edukasi swasta seperti legal knowledge company menawarkan modul mata kuliah berbasis weweb yang membahas berbagai permasalahan hukum dan etika. Mata kuliah ini ditunjukkan untuk diperunakna perusahaan yang berusaha meningkatkan kesadaran beretika karyawannya.

Databases dan databases management system

PENGERTIAN DATABASES/BASISDATA

        Basis data adalah kumpulan file-file yang mempunyai kaitan antara satu file denganfile lain sehingga membentuk suatu bangunan data untuk menginformasikan suatuperusahaan atau instansi dalam batasan tertentu.

Istilah-istilah Basis data

Beberapa hal yang termaksud unsur-unsur dari basis data adalah sebagai berikut:
Entititas adalah orang, tempat, kejadian atau konsep yang informasinya direkam.
Pada bidang kesehatan Entity adalah Pasien, Dokter, Kamar.

Field Setiap entity mempunyai atribut atau sebutan untuk mewakili suatu entity. Seorang siswa dapat dilihat dari atributnya misalnya, NIM, Nama_siswa, Alamat.

Record adalah kumpulan isi elemen data (atribut) yang saling berhubungan menginformasikan tentang suatu entity secara lengkap. Contoh Kumpulan atribut NIP, Nama, dan alamat berisikan “01001245566”, Sanusi, Jl. Hati suci No 2 Kupang.

Data Value Merupakan data aktual atau infomasi yang disimpan ditiap data elemen. Isi atribut disebut nilai data.

Kunci Elemen Data ( Key Data Element ) Tanda pengenal yang secara unik mengidentifikasikan entitas dari suatu kumpulan entitas.Contoh Entitas Mahasiswa yang mempunyai atribut-atribut npm, nama, alamat, tanggal lahir menggunakan Kunci Elemen Data npm.

Komponen-komponen Sistem Basis Data ( Database ).

Dalam Sistem Basis data memiliki beberapa komponen yaitu:
Perangkat Keras ( Hardware ) yang biasanya terdapat dalam sistem basis data adalah memori sekunder hardisk.

Sistem Operasi ( Operating System ) merupakan program yang mengaktifkan atau
mengfungsikan sistem komputer, mengendalikan seluruh sumber daya (resource) dan
melakukan operasi-operasi dalam komputer. Sistem Operasi yang banyak digunakan
seperti: MS-DOS, MS-Windows 95 MS Windows NT, dan Unix.

MODEL BASIS DATA
1) Model Hirarkis / Model Pohon
2) Model Jaringan
3) Model Relasional.

MACAM-MACAM PERINTAH DATA BASE
1) Bahasa Definisi Data (Data Definition Language/ DDL)
2) Bahasa Manipulasi Data (Data Manipulation laguage/ DML)
3) DQL ( Data Query Language).

PENGERTIAN DATABASES MANAGEMENT SYSTEM
  Sistem Manajemen Basis-Data (Data Base Management System / DBMS) adalah perangkat lunak sistem yang memungkinkan para pemakai membuat, memelihara, mengontrol, dan meng-akses basis data dengan cara praktis dan efisien. DBMS dapat digunakan untuk meng-akomodasikan berbagai macam pemakai yang memiliki kebutuhan akses yang berbeda-beda. DBMS pada umumnya menyediakan fasilitas atau fitur-fitur yang memungkinkan data dapat diakses dengan mudah, aman, dan cepat. Beberapa fitur yang secara umum tersedia adalah:

Keamanan : DBMS menyediakan sistem pengamanan data sehingga tidak mudah diakses oleh orang yang tidak memiliki hak akses.

Independensi : DBMS menjamin independensi antara data dan program, data tidak bergantung pada program yang meng-akses-nya, karena struktur data-nya dirancang berdasarkan kebutuhan informasi, bukan berdasarkan struktur program. Sebaliknya program juga tidak bergantung pada data, sehingga walaupun struktur data diubah, program tidak perlu berubah.

Konkruensi / data sharing : data dapat diakses secara bersamaan oleh beberapa pengguna karena manajemen data dilaksanakan oleh DBMS.

Integritas : DBMS mengelola file-file data serta relasi-nya dengan tujuan agar data selalu dalam keadaan valid dan konsisten.

Pemulihan : DBMS menyediakan fasilitas untuk memulihkan kembali file-file data ke keadaan semula sebelum terjadi-nya kesalahan (error) atau gangguan baik kesalahan perangkat keras maupun kegagalan perangkat lunak.

Kamus / katalog sistem : DBMS menyediakan fasilitas kamus data atau katalog sistem yang menjelaskan deskripsi dari field-field data yang terkandung dalam basisdata.

Perangkat Produktivitas : DBMS menyediakan sejumlah perangkat produktivitas sehingga memudahkan para pengguna untuk menarik manfaat dari database, misalnya report generator (pembangkit laporan) dan query generator (pembangkit query / pencarian informasi). 

Keunggulan DBMS antara lain sbb:
Mengurangi duplikasi data atau data redundancy
Menjaga konsistensi dan integritas data
Meningkatkan keamanan data
Meningkatkan effisiensi dan effektivitas penggunaan data
Meningkatkan produktivitas para pengguna data
Memudahkan pengguna dalam menggali informasi dari kumpulan data
Meningkatkan pemeliharaan data melalui independensi data
Meningkatkan pemakaian bersama dari data
Meningkatkan layanan backup dan recovery data
Mengurangi konflik antar pengguna data.

Kelemahan DBMS antara lain sbb:
Memerlukan suatu skill tertentu untuk bisa melakukan administrasi dan manajemendatabase agar dapat diperoleh struktur dan relasi data yang optimal.

Memerlukan kapasitas penyimpanan baik eksternal (disk) maupun internal (memory)agar DBMS dapat bekerja cepat dan efisien.

Harga DBMS yang handal biasanya sangat mahal.

Kebutuhan akan sumber daya (resources) biasanya cukup tinggi.

Konversi dari sistem lama ke sistem DBMS terkadang sangat mahal, disamping biaya pengadaan perangkat keras dan perangkat lunak, diperlukan pula biaya pelatihan.

Apabila DBMS gagal menjalankan misinya maka tingkat kegagalan menjadi lebih tinggi karena banyak pengguna yang bergantung pada sistem ini.
DBMS yang bermodelkan relasional biasa disebut RDBMS (Relational Data Base Management System).

Ada beberapa sifat yang melekat pada suatu relasi :
1) Tak ada tupel (baris) yang kembar)
2) Urutan tupel tidaklah penting
3) Setiap atribut memiliki nama yang unik
4) Letak atribut bebas ( urutan atribut tidak penting)
5) Setiap atribut memiliki nilai tunggal dan jenisnya sama untuk semua tupel.

Contoh produk DBMS terkenal yang menggunakan model relasional antara lain adalah :
1) DB2 (IBM)
2) Rdb/VMS (Digital Equipment Corporation)
3) Oracle (Oracle Corporation)
4) Informix (Informix Corporation)
5) Ingres (ASK Group Inc)
6) Sybase (Sybase Inc)

Komunikasi Data
PENGERTIAN KOMUNIKASI DATA

        Komunikasi data adalah proses pengiriman informasi diantara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching dapat terjadi antara komputer dengan komputer, komputer dengan terminal atau komputer dengan peralatan.

        Komunikasi data merupakan gabungan dari teknik telekomunikasi dengan teknik pengolahan data.
Adapun tujuan dari komunikasi data adalah sebagai berikut :

Memunkinkan pengiriman data dalam jumalh besar efisien, tanpa kesalahan dan ekomis dari suatu tempat ketempat yang lain.

Memungkinkan penggunaan sistem komputer dan perlatan pendukung dari jarak jauh (remote computer use).

Memungkinkan penggunaan komputer secara terpusat maupun secara tersebar sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi ataupu sentralisasi.

Mempermudah kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai mcam sistem komputer.

Mengurangi waktu untuk pengelolaan data.
Mendapatkan data langsung dari sumbernya.
Mempercepat penyebarluasan informasi.

Model Komunikasi Data

  Komunikasi data berkaitan dengan pertukaran data diantara dua perangkat yang terhubuang secara langsung yang memungkinkan adanya pertukaran data antar kedua pihak.

Komunikasi Data dan Jaringan Komputer Source (sumber) : Alat ini membangkitkan data sehingga dapat ditransmisikan, contoh telepon, Personal Computer (PC).

Transmitter (pengirim): Biasanya data yang dibangkitkan dari sister sumber tidak ditransmisikansecara langsung dalam bentuk aslinya. Sebuah transmitter cukup memindah dan menandai informasi dengan cara yang sama seperti sinyal-sinyal elektromagnetik yang dapat ditransmisikan melewati beberapa sistem transmisi berurutan.

Sistem transmisi : Berupa jalur transmisi tunggal (single transmission)atau jarinagn komplek(complex network)yang menghubungkan antara sumber dengan tujuan (destination). Tujuan (destination) : menangkap data yang dihasilkan oleh receiver.

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER
  Jaringan komunikasi dapat diartikan sebagai suatu sistem yang terbentuk dari interkoneksi fasilitas-fasilitas yang dirancang untuk membawa trafik dari beragam sumber telekomunikasi. Atau bisa dikatakan merupakan sumber daya yang dapat dipakai secara bersamaan (shared) oleh sejumlah end user untuk berkomunikasi dengan user lain yang likasinya berjauhan.

Berikut beberapa tipe jaringan Komunikasi: 
a. LAN (Local Area Network) digunakan untuk menghubungkan komputer yang berada di dalam suatu area yang kecil, misalnya di dalam suatu gedung perkantoran atau kampus. Jarak antar komputer yang dihubungkan bias mencapai 5 sampai 10 km. Suatu LAN biasnya bekerja pada kecepatan mulai 10 Mbps sampi 100 Mbps.

b. MAN (Metropolitan Area Network) merupakan suatu jaringan yang cakupannya meliputi suatu kota. MAN menghubungkan LAN-LAN yang lokasinya berjauhan. Jangkauan MAN mencapai 10 km sampai beberapa ratus km. Suatu MAN biasanya bekerja pada kecepatan 1,5 sampai 150 Mbps.

c. WAN (Wide Area Network) dirancang untuk menghubungkan komputer-komputer yang terletak pada suatu cakupan geografis yang luas,seperti hubungan dari suatu kota ke kota yang lain didalm suatu Negara. Cakupan WAN bias meliputi 100 km sampai 1.000 km, dan kecepatan antar kota bias bervariasi antara 1,5 Mbps sampai 2,4 Gbps.

d. GAN (Global Area Network) merupakan suatau jarinagn yang menghubungkan Negara-negara diseluruh dunia. Kecepatan GAN bervariasi mulai dari 1,5 Mbps sampai dengan 100 Gbps dan cakupannya mencakupi ribuan kilometer.

Manfaat penggunaan jaringan komputer
o Berbagai perangkat keras
o Berbagai program maupun data
o Mendukung kecepatan berkomunikasi
o Memudahkan pengaksesan informasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KKN; KULIAH KERJA (N)GADU GENGSI

Strategi Pengembangan Produk Pada Bank Syariah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembiayaan Murabahah